Pertama Kali Melakukan Yoga? Simak Tips Yoga untuk Pemula Ini!

Para member termasuk orang-orang yang baru saja ingin mencoba belajar yoga? Tentunya setiap baru mulai belajar olahraga dan aktivitas kebugaran tubuh, terutama yoga, pasti banyak orang yang bingung memikirkan bagaimana harus memulai aktivitas tersebut. Ditambah lagi, banyak orang-orang yang terlihat sudah jago dalam melakukan yoga dan membuat para member bertanya-tanya, ‘bagaimana ia bisa sangat jago dalam yoga sementara aku saja bingung harus memulai dari mana?’.


Jika para member merasa kebingungan, tenang saja, karena para member bukan satu-satunya pemula dalam dunia yoga. Untuk memulai yoga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar para member dapat berlatih yoga dengan enjoy dan mendapatkan manfaat yang maksimal. Dalam artikel ini, Namata LaVinaya akan membantu para member, khususnya untuk yang masih hijau dalam dunia yoga, dengan tips-tips kecil untuk para pemula yang baru mulai belajar yoga. 


Baca juga: Sejarah Yoga: Pahami Terlebih Dahulu Sebelum Mencoba Yoga!


Cari Tahu Kebutuhanmu!

Hal paling mendasar yang harus para member latihan adalah mengenali kebutuhan jasmani masing-masing. Hal ini dapat dimulai dari mengidentifikasi kondisi tubuh yang akhir-akhir ini para member rasakan. Kondisi yang dimaksud bisa terdiri dari beberapa keluhan, seperti berat badan yang berlebih, fleksibilitas badan yang kurang, atau konsentrasi yang mudah buyar. Selain itu, para member juga dapat memikirkan tentang apa yang perlu ditingkatkan dari masing-masing bagian tubuh para member untuk mengatasi permasalahan dalam tubuh tersebut, seperti keperluan untuk membakar lemak, meningkatkan keseimbangan tubuh dan kelenturan otot, dan menenangkan pikiran.


Setelah mengidentifikasi permasalahan dan kebutuhan tubuh, para member dapat memilih jenis-jenis yoga yang dapat mengakomodir kebutuhan para member tersebut. Dengan memilih jenis latihan yang tepat, tentunya para member akan dapat lebih fokus untuk berlatih yoga untuk mengatasi permasalahan yang dialami tubuh para member. Sedikit catatan, jangan lupa untuk mengidentifikasi kondisi medis yang masing-masing member miliki, seperti darah rendah, skoliosis, asma dan sebagainya. Hal ini penting untuk keselamatan para member agar nantinya para member dapat menerapkan batasan latihan tertentu, sehingga tidak menyebabkan cedera dan masalah kesehatan lain kedepannya.


Gunakan Alat-alat Bantu Yoga!

Sebagai pemula, tentunya para member harus membekali diri dengan alat-alat bantu yoga. Jangan merasa malu dan gengsi untuk memakai alat bantu dalam latihan, karena faktanya orang-orang yang sudah ahli dalam berlatih yoga masih membutuhkan berbagai jenis alat bantu untuk melakukan berbagai jenis pose. Justru dengan adanya alat-alat bantu ini, para member yang masih pemula dapat merasa lebih nyaman dalam melakukan berbagai pose dan dapat membantu para member untuk berkembang lebih jauh lagi dalam mengeksplorasi teknik-teknik yoga.


Untuk memulai yoga, para member harus membekali diri dengan alat bantu paling wajib dalam yoga, yaitu yoga mat. Penting bagi para member untuk memilih yoga mat dengan kualitas premium agar dapat melindungi para member dari bahaya terpeleset serta mendapat kenyamanan yang maksimal selama latihan. Tentunya, Namata LaVinaya juga memperhatikan kebutuhan para member akan yoga mat  yang berkualitas dan para member bisa cek katalognya di sini. Selain yoga mat, terdapat banyak alat bantu yoga premium dari Namata LaVinaya lagi yang dapat para member coba gunakan untuk memperoleh hasil latihan yang maksimal yang dapat para member lihat-lihat di sini. Dengan adanya alat-alat bantu yoga yang berkualitas dari Namata LaVinaya, maka para member dapat lebih bersemangat untuk latihan yoga setiap harinya.


Baca juga: ‘Keluarga’ Alat Bantu Yoga: Segala Hal Tentang Mereka


Sikap Selama di Dalam Kelas

Saat para member yang baru mulai belajar yoga masuk ke dalam kelas yoga, baik itu secara online maupun tatap muka, ada beberapa hal yang harus member perhatikan. Pertama, sebelum memulai kelas, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan ini harus para member lakukan agar terhindar dari kram dan kekakuan otot selama latihan nantinya.


Setelah itu, para member harus menjaga ketenangan di dalam kelas dengan tidak bersuara berlebihan. Suara yang berlebihan akan mengganggu konsentrasi para member sendiri dan peserta lainnya sehingga suasana latihan menjadi tak kondusif. Bila para member mengikuti kelas secara tatap muka, hindari mengobrol dengan peserta lainnya, dan bila kelas diadakan secara online, pastikan mic yang para member gunakan selalu dalam keadaan mute.


Selanjutnya, jangan lupa untuk selalu memperhatikan arahan dari instruktur yang mengajar. Hal ini sangat penting dilakukan agar para member tak kebingungan setiap melakukan berbagai jenis pose. Akan tetapi jika para member merasa bingung dan kesulitan, jangan sungkan untuk bertanya pada instruktur yang mengajar, karena para instruktur pasti akan segera membantu para member sampai bisa.


Konsisten dalam Latihan

Setelah para member selesai latihan yoga, penting bagi para member untuk selalu konsisten dalam melakukan latihan. Dalam arti lain, para member harus selalu rajin latihan agar para member dapat segera mencapai tujuan dari berlatih yoga. Misalkan para member ingin memperoleh tubuh yang lebih langsing, maka janganlah berhenti latihan yoga sampai bentuk tubuh impian para member terealisasikan.


Memang bagi sebagian orang terasa sulit untuk memotivasi diri agar tetap konsisten dan rajin dalam melakukan yoga. Untuk itu, mulailah untuk menciptakan target kecil-kecilan di setiap sesi latihan agar kedepannya, para member semakin termotivasi untuk berlatih setiap harinya. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih pada diri sendiri setelah target-target dalam setiap latihan yoga ini tercapai ya!


Akhir kata, belajar hal-hal baru memang membutuhkan banyak waktu, terutama untuk belajar yoga. Tetapi, jika para member dapat terus menjaga ritme latihan agar tetap konsisten, para member pasti dapat menguasai teknik-teknik yoga dan menjadi lebih expert kedepannya. Jika para member berniat untuk latihan lebih rutin dan ingin mencoba jenis yoga yang baru setiap harinya, ikuti kelas yoga online di Namata LaVinaya! Tenang saja, kelas-kelas di Namata LaVinaya ramah akan pemula yang ingin belajar karena para instruktur siap mengajari para member dari nol dan pendaftaran selalu terbuka kapan saja di sini!


Referensi

https://kumparan.com/hello-ladies/begini-tips-yoga-untuk-pemula-ada-rekomendasi-gerakan-dasar-loh-1vmoz3Pskkm/4

https://hellosehat.com/kebugaran/kelenturan/tips-yoga-untuk-pemula/

https://halojasa.com/blog/blog/2018/10/03/yoga-untuk-pemula-perhatikan-tips-praktis-berikut-ini/

Shop now

You can use this element to add a quote, content...